Rabu, 14 Januari 2015

Bangganya kita ketika menjadi santri

Ketika menyantri di pondok pesantren menjadi momok bagi anak muda jaman sekarang. ketika itu pula sebuah peradaban budaya sudah mulai pudar. sehingga menimbulkan gejolak modernisasi pergaulan, lebih ironis lagi ketika orang tua lebih bangga akan pendidikan umumnya, karena kebanyakan orang tua menganggap belajar agama hanya sebagai pendukung ( pelengkap ) kegiatan sehari-hari.
kalau kita sebagai orang yg beragama islam, kita pasti mengimani adanya Nabi Muhammad Saw . dan pasti pegangan kita kalau di tanya pasti al-qur'an dan hadist ( sunah nabi ) . nabi mengajarkan kepada kita semua bahwa mununtut ilmu adalah wajib bagi muslim laki-laki dan perempuan.
atas dasar inilah kita menuntut ilmu agar hidup kita lebih baik dalam kehidupan sosial dan kehidupan yg akan datang ( akhirat )
* nyanti identik dengan aturan, kekangan , kegiatan , hafalan dll. semua ini yg membuat momok bagi anak muda jaman sekarang. kalau kita menilik sejarah jaman kemerdekaan, bahkan sebelumnya. anak muda muslim berlomba-lomba untuk nyantri. mereka bahkan banyak yg menghabiskan masa mudanya untuk belajar ilmu agama. dan hasilnya bisa kita rasakan para ulama di masa kemerdekaan yg ikut andil besar dalam proses kemerdekaan indonesia dari para  penjajah.
* nyantri memang harus meninggalkan dunia yg bebas menjadi dunia pesantren. kalau bahasa pondoknya penjara suci, karena tidak ada fasilitas yg menyerupai di rumah pada umumnya .TV di perbolehkan hanya seminggu sekali, pada saat libur sekolah, hape di larang , radio juga di larang , bahkan barang2 mewah juga tidak di perbolehkan . hanya buku tulis bolpoint. kitab-kitab agama . serta pakaian yg pantas di pakai ( tentunya munutup aurat )
* nyantri identik pula dengan makanan yg sederhana . tidak ada ayam goreng, nasi goreng, dll. semua sudah di atur oleh pengelola pondok pesantren .
* kegiatan yg tidak ada habisnya setiap hari, dari jam 3 pagi sampai jam 10 malam.

tapi dari kesemua momok yg ada ini akan menjadi indah, apabila di sertai dengan keihlasan dalam menuntut ilmu.

semoga kita semua bisa lebih memahami ilmu agama yg sangat kita butuhkan . agar kita bisa terhindar dari fitnah dunia dan siksa akhirat .amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar